Kirim Tulisan

Redaksi bacabukumu.id menerima naskah pada rubrik kami. Setiap kontributor tidak menerima honorarium. Namun kami mendoakan kebaikan untuk kehidupan dunia dan akhirat (jika percaya). Naskah yang dikirim orisinal, belum pernah dimuat di media lain (kecuali blog pribadi), dan menyertakan identitas penulis berupa narasi singkat.

Kami menerima kiriman tulisan pada rubrik:

AkuBuku, rubrik yang berisi pengalaman kontributor bersama buku. Pengalaman terkait buku-buku namun bukan resensi.

Pustaka, berupa resensi buku atau film. Redaksi menerima resensi segala jenis buku, baik fiksi maupun nonfiksi. Dalam resensi buku menyertakan: judul, nama penulis, penerbit, tahun terbit, jumlah halaman, bahasa, harga, dan ISBN.

Sinema, berupa resensi film ialah ulasan yang memuat pembahasan konsep dan konten yang ada pada film (bukan berupa sinopsis) dan lebih baik jika memuat opini kritis terhadap film.

Kolom, berupa artikel, esai, maupun opini. Dengan rentang 600–1000 kata, ditulis dengan bahasa segar dan mengenai segala sesuatu yang menarik bagi kontributor dan redaksi, tentunya.

Cerpen; kontributor dapat bercerita dengan ruang seluas mungkin. Berusahalah untuk membuat pembaca duduk diam membaca ceritamu hingga selesai.

Puisi; setiap naskah yang dikirim memuat 3-5 puisi setiap pengiriman. Ungkapkan suaramu dengan sebaik dan sebagus mungkin.

Terjemahan, baik berupa esai, cerita pendek, maupun puisi. Diutamakan terjemahan dari bahasa asal. Sertakan nama penulis dan bahasa asal.

Rupa, berupa gambar visual dalam bentuk apapun. Akan lebih baik apabila disertai sedikit penjelasan mengenai gambar yang dipamerkan.

Catatan: naskah dikirim menggunakan format .rtf, font Times New Roman, margin normal, spasi ganda, dan ukuran font 12. Sertakan pula foto diri dan sepotong biografi. Naskah dikirim ke redaksi.bacabukumu@gmail.com.